Perburuan Trenggiling Dan Kumbang Tanduk merajalela di Bengkulu

Kirain trenggiling di jawa doang, namun ternyata di Provinsi Bengkulu, hewan ini menjadi target empuk bagi pemburu liar, selain itu kumbang tanduk jenis titanas juga ikut-ikutan menjadi hewan the most wanted alias yang paling dicari, padahal jelas-jelas kedua hewan ini merupakan satwa langka dan dilindungi.

"Trenggiling dan kumbang tanduk merupakan sasaran para pemburu, karena di Bengkulu cukup banyak populasi satwa yang dilindungi tersebut," Seperti yang dikatakan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Andi Basrul di Bengkulu, Senin kemaren.

Lebih lanjut Bapak andi mengatakan, hutan lindung (HL), Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), dan Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat memang merupakan tempat berkembangbiaknya satwa pemakan semut itu.


Penangkapan pernah dilakukan, Pada 2009 tim gabungan dari Polres Bengkulu dan BKSDA berhasil mengamankan sebanyak 15 trenggiling beserta jeroannya plus sebanyak 674 ekor kumbang tanduk jenis titanas.

"Satwa tersebut berhasil diamankan setelah diperoleh dari beberapa tempat penampungan hasil buruan di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu," katanya.

Ternyata tidak hanya kedua binatang ini saja yang menjadi buruan, akan tetapi tim juga berhasil mengamankan opsetan harimau, beruang madu, dan burung elang.

Kasus perburuan satwa yang dilindungi setiap tahunnya selalu meningkat, seperti trenggiling, harimau, gading gajah, beruang madu, rusa, dan burung elang, karena harga jualnya yang tingi

Trenggiling biasanya dijual, di pasaran gelap dengan harga mencapai ratusan ribu per ekor, sekaligus jeroannya.

Sedangkan kumbang dijual ke penampung, biasanya dengan harga per sentimeter dan di atas sembilan sentimeterharganya bisa mencapai ratusan ribu.

Jadi gak heran kalau sering terjadi perburuan liar terhadap kedua binatang ini di bengkulu. Wuaaahh bahaya nich!

Sumber : Anataranews.com

Comments :

2 komentar to “Perburuan Trenggiling Dan Kumbang Tanduk merajalela di Bengkulu”
Bengkulu Today mengatakan...
on 

ternyata banyak juga para blogger bengkulu..semangat yah.kalau mau tukeran link boleh

niko f. ansyah mengatakan...
on 

boleh bgt tuh, btw bengkulu nys dimana yach?